Skip to main content

Aqila: Darurat itu Apa?

Nama Anak: Aqila
Tanggal: 8 September 2017
Aktivitas: Menonton TV, sambil makan, sambil main

Setelah melihat acara kartun anak-anak tentang keseharian bus tiba-tiba Aqila bertanya apa itu darurat? Bagaimana darutat itu? Kenapa darurat?

Pertanyaan seperti ini langsung membuat otak emak berpikir keras. Saya mencoba menjelaskan dengan contoh.

"Darurat itu kondisi yang memerlukan kesegeraan dan cepat-cepat, Kak."

"Seperti apa?"

"Misalnya ada orang sakit, dan harus segera ditolong itu darurat harus dibawa ke rumah salit. Misalnya ada api, itu darurat harus segera dipadamkan. Nah, seperti temannya Tayo Frank dan Alice tuh, mereka segera dibutuhkan untuk menolong memadamkan api dan korban kebakaran."

"Jadi darurat itu untuk menolong, ya, Bun?"

"Iya.  Ada juga darurat itu untuk kebutuhan yang tiba-tiba. Misalnya, kaya ini tadi kan listrik mati maka lampu emergency dibutuhkan untuk keadaan seperti itu. Trus Tayo itu punya ban cadangan jika sewaktu-waktu meletus atau kempes bisa diganti dengan ban tersebut. Nah penyimpanan tersebut untuk keadaan darurat semacam itu."

Dari sini si kakak manggut-manggut. Lalu saya minta mengulangi apa itu darurat.

"Brarti darurat itu cepet-cepet, ya, Bun. Untuk menolong."

"Iya, bisa begitu."

"Kalau mau pergi yang aku disuruh cepet-cepet sama Bunda itu juga darurat namanya?"

"Hehe bisa jadi karena takut ketinggalan juga termasuk darurat misal ketinggalan pesawat, yaaah hangus dong tiketnya nggak jadi pergi."

"Oooo, habis tadi Tayo bilang darurat."

"Ada satu lagi darurat, Kak. Yaitu, kalau mau pipis dan poop. Kalau tidak segera dikerjakan jadi mengompol atau nggembol."

"hiiiiyyy." kata Aqila akhirnya sambil tertawa.

Visual:
Dari melihat kartun ternyata Aqila menangkap kata-kata yang berkesan dengan mudah dan menimbulkan rasa penasarannya lalu menanyakannya.

Auditori:
Saat saya menjelaskan harus pelan-pelan dan diulang-ulang untuk memastikan Cia mengerti dengan penjelasan saya. Saya menanyakan kembali kepadanya tentang penjelasan tersebut dan Aqila mampu mengulangi secara garis besarnya.

Kinestetik:
Saat mendapat penjelasan Aqila tidak bisa diam, dia mengubah-ubah posisi kakinya sambil mengunyah makanan.


Nama Anak: Bintan
Tanggal: 8 September 2017
Aktivitas: Mandi

Visual:
Karena mati lampu sore ini terpaksa anak-anak mandi di tempat cuci baju, bagian paking terang dalam rumah kami. Bintan senang sekali karena bisa bermain-main air. Apalagi kakaknya membawa bola-bola plastik untuk dipakai mainan. Kakaknya memasukkan bola ke dalam air lalu menyendoknya. Mengamati sebentar saja Bintan langsung menirukan kakaknya menyendok bola dari tempat satu ke tempat lainnya.

Auditori:
Saat akan memakai sabun, Bintan sudah mengambil sendiri sabunnya karena sebelumnya dia makan sabunnya, saya mengingatkan.

"Sabunnya buat mandi, ya, Dek."

Bintan langsung menyerahkan kepada saya sabunnya dan menggosok-gosokkan tangan bersabunnya ke perutnya sambil tertawa menggemaskan.

Kinestetik:
Ketika diarahkan Bintan memerhatikan lalu segera melaksanakan.


#Day2
#Level4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunsayIIP

Comments

Popular posts from this blog

Hari 18, Tantangan 30 Hari

Hasil pelaksanaan hari ke - 18 dan rencana hari ke - 19. Hasil hari ke - 18 Rapor hari ke - 18 Hanya satu pekerjaan yang tidak terlaksana, namun penting dan tidak terlalu berat untuk dikerjakan. Melawan rasa malas memang tantangan yang perlu ditaklukkan. Rencana hari ke - 19

Review 4

Review kali ini saya berpasangan dengan Mbak Sinardi. Beliau berfokus untuk mencapai sustainable living bagi keluarga.  Dalam milestone yang di jabarkan terlihat akan terbentuk sebuah ekosistem yang baik bagi keluarga dengan frekuensi yang sama.  Berikut review saya untuk jurnal Mbak Sinardi. 

Hari Pertama Sekolah Cia

Nama Anak: Aqila Tanggal: 16 September 2017 Aktivitas: sekolah gambar Cia senang corat coret di buku, untuk mengasah kemampuan memnggambarnya kami mengikutsertakan Cia ke sekolah gambar. Hari pertama sekolah Cia semangat sekali. Cia menyiapkan sendiri semua keperluannya dan sangat antusias untuk berangakat. Sampai di sanggar Cia langsung ikut mewarnai bersama teman-temannya. Visual: Dengan bantuan gurunya Cia belajar mewarnai menggunakan crayon. Cia belajar menyapukan crayon dengan benar dan rapi, belajar memadukan warna, belajar menyatukan setiap warna dalam sebuah gambar, dan belajar memenuhi bidang gambar dengan warna. Auditori: Cia belajar mengikuti instruksi gurunya dalam mewarnai. Kinestetik: Cia mampu duduk berskonsentrasi mewarnai dalam waktu yang cukup lama. Sampai 1 jam waktu latihan berakhir,  Cia masih menolak pulang dan mewarnai gambar PR yang diberikan gurunya. #Day10 #Level4 #GayaBelajarAnak #KuliahBunsayIIP