Skip to main content

Tujuan yang SMART

    Menetapkan tujuan yang SMART tim kami dimulai dengan meninjau kembali sumber daya yang kami miliki. Kami memetakan kembali kekuatan dan potensi masing-masing anggota tim. 

    Langkah selanjutnya adalah mencari irisan tujuan dari masing-masing anggota tim. Pada diskusi sebelumnya kami telah menemukan irisan masalah yang sama, sehingga merumuskan tujuan ini mengacu pada permasalahan yang ingin kami selesaikan. 

    Kami memecah tujuan tersebut menjadi dua milestone. Pada setiap milestones kami berencana melakukan evaluasi pencapaian kami. Jika tujuan kami tercapai dalam dua milestones kami akan menetapkan arah tujuan kami berikutnya.

    Berikut resume hasil diskusi kami tentang tujuan tim, golden rules dan exit procedures yang telah kami sepakati.

Proyek Optimasi Tertarget Menuju Branding Tim OPTIMOMS

A. Sumber Daya Tim

 

B Tujuan Tim

    Setelah melakukan optimasi tertarget selama 6 bulan, masing-masing akun bisnis anggota tim mendapatkan 500 follower baru, penjualan meningkat 50% tiap minggu, dan memiliki minimal 10 reseller baru.

SMART Goal:

Specific: mendapatkan follower baru, peningkatan penjualan, memiliki reseller baru

Measurable: 500 follower baru, 50% peningkatan penjualan per minggu, 10 reseller baru,

Achievable: menurut tim, kami bisa mencapai goal ini

Relevant: tujuan ini sesuai dengan masalah yang kami hadapi

Timebound: setelah melakukan optimasi selama 6 bulan


C Proyek

    1. E-book

  • Waktu 1 September – 30 November 2021
  • Saving time  1 – 15 Desember 2021
  • Tujuan:
    • Branding tim Optimoms
    • Branding bisnis masing-masing anggota tim
    • Branding Kampus Ibu Pembaharu
  • Sasaran:
    • Semua perempuan yang ingin mengupgrade diri
    • Semua perempuan yang ingin berdikari dan memulai bisnis sendiri
    • Note: Pembahasan dilakukan 15-18 September 2021

    2. Optimasi menuju branding

        Waktu: 

         1 September 2021 - 28 Februari 2022

a. Milestone 1 

    Waktu: 1 September 2021 – 1 Desember 2021

    • September 2021
  • Membuat ig tim (deadline: 30 Agustus 2021)
  • Latihan bersama desain (deadline: 30 September 2021)
  • Latihan bersama desain dengan aplikasi Canva (30 Agustus 2021)
  • PR latihan (1 – 3 September 2021)
  • Membuat konten ( 4 September 2021)
  • Sharing dengan mentor (10 September 2021)
  • Membuat konten tentang bisnis tiap hari.
  • Tugas Mbak Lisa:  
      • Membuat ig
      • Membuat tema per 10 hari
      • Tabel tema

    • Oktober 2021
  • Fokus: mencari follower
  • Update status wa, fb
  • Branding tim dan Personal
  • Sharing dengan mentor
    • November 2021
      • Update status wa, fb
      • Branding tim dan Personal
      • sharing dengan mentor
      • Evaluasi projek dampak IG tim ke IG personal dan selbaliknya
    • Desember 2021
      • Saving time penyelesaian e-book
      •  

b. Milestone 2 

    Waktu: 2 Desember 2021 – 28 Februari 2022

    • Januari 2022
      • Update status wa, fb
      • Branding tim dan Personal
      • Menambah tim baru
      • sharing dengan mentor
    • Februari 2022
      • Update status wa, fb
      • Branding tim dan Personal
      • sharing dengan mentor
      • Evaluasi 

 

Golden Rules Tim

  • Berkomitmen dalam menjalankan tugas dan peran, segera mengomunikasikan dengan anggota tim jika mengalami masalah.
  • Bersedia memberikan manfaat bukan sekedar menerima manfaat.
  • Berperan aktif dalam diskusi baik online maupun offline, mengikuti diskusi tim sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jika tidak ada respon atau kabar selama 3x24 jam maka dianggap mengundurkan diri dari tim.
  • Mempersiapkan diri sebelum diskusi.
  • Saling menghargai antar anggota tim.
  • Menjalin kedekatan bersama anggota tim dengan berpartisipasi dalam kegiatan tim.
  • Melakukan diskusi live seinggu sekali dengan waktu yang disepakati bersama.
  • Saling terbuka dalam menyampaikan dan menerima saran dan masukan.
  • Saling bahagia dan menebarkan kebahagiaan antar anggota tim.


Exit Procedure

  • Tidak ada kabar 3x24 jam tanpa konfirmasi
  • Mangkir 2x dalam mengerjakan tugas atau 3x berturut-turut tanpa penjelasan
  • Menyebarkan isi materi tim tanpa kesepakatan dari tim


Ringkasan dan rencana tim ini bersifat dinamis, akan menyesuiakan dengan kondisi tim di waktu yang akan datang.


Comments

Popular posts from this blog

Menghilangkan Kerak Kloset

Moms, pernah nggak merasa jengkel karena kerak di closet tidak bisa hilang padahal kita sudah mencoba berbagai macam produk pembersih? Bahkan karbol paling kuat sekalipun? Itulah yang saya alami beberapa bulan terakhir. Karena sering pergi, tidak sempat membersihkan kamar mandi secara teratur, hanya dibersihkan sekenanya,  kerak-kerak membandel mulai mendiami closet dan lantai kamar mandi kami. Berbagai macam produk telah saya gunakan hasilnya kurang memuaskan. Dari berbagi cerita dengan ART di rumah kakak saya, Mbak Jum namanya,  saya mendapat informasi bahwa ada cairan khusus pembersih kerak yang membuat closet tampak seperti baru. Hanya dijual di toko bangunan dengan kisaran harga 100 ribu. Tapi untuk satu kloset saja. Wow, fantastis yaaa. Meski lebih murah daripada ganti kloset baru, tapi untuk emak-emak macam saya rasanya lebih puas kalau 100 ribunya dipakai beli pizza sama anak-anak. Hehehe 😁😁😁. Nah, Mbak Jum ini ternyata kreatif dan inovatif. Hihihi😬😬😬. Dari p...

Bongkar Muatan

Lelah berkelana sampai juga di sini. Saatnya membuka hasil "buruan" ilmu. Sudah dapat apa aja, Mak? Diriku dapat banyak, deh! Coba, coba tak gelar dulu, yaa! Dari peta itu, baru berhasil makan tips dan trik pekerjaan rumah tangga, membuat kandang waktu, dan skala prioritas. Bergabung dengan Keluarga Cemara ilmu yang paling berkesan adalah tips setrika karena merupakan rutinitas yang memiliki tantangan terbesar bagi saya. Ditambah beberapa potluck yang hasil "buruan" sekarang setrika menjadi aktivitas yang bisa dan suka saya kerjakan. Masya Alloh, tabarokalloh 😍. Kegiatan menyapu dan mengepel pun sekarang jauh lebih mudah dengan potluck yang saya dapatkan. Menyapu sambil mengepel merupakan temuan epic saya. Setelah dipraktikkan sangat membantu dan menghemat waktu dan tenaga. Keluarga Uluwatu menyediakan segudang ilmu baru tentang manajemen waktu bagi saya. Lalu saya masuk ke kamar kandang waktu dan prioritas. Di sini saya belajar banyak sekali bahwa ternyat...

Kardus Sepatu Buruk Rupa Menjadi Berharga

Ada beberapa tipe orang saat membeli sepatu berdasarkan penggunaan kemasannya. Hihihi ini mah perkiraan Emak aja, ya. 😁 Pertama, pembeli sepatu hanya mau sepatunya saja, kardus tidak dibawa dan sepatu langsung masuk kantong belanja atau langsung dipakai.  Kedua, pembeli tetap membawa kardus sepatunya ke rumah. Lalu, tipe ini dibagi lagi, nih. Tipe 2A kardus dibuang ke tong sampah. Tipe 2B kardus ditumpuk buat dirongsokin atau diserahkan ke sedekah rongsok. Tipe 2C kardusnya dimanfaatkan untuk sesuatu.  Nah, masuk ke tipe 2C inilah Emak ABC. Nggak mau rugi bin irit 😂. Kalau lihat kardus itu bawaannya pengen bebikinan. Kali ini Emak bagikan tips memanfaatkan kardus bekas sepatu, yang buruk rupa supaya menawan dan berguna.  Yuk, simak videonya.