Beberapa hari anak-anak sedang demam makan es krim. Kalau tidak ada persediaan mereka makan es batu, duh... Kemarin dapat rejeki dari tetangga buah mangga sekresek maka saya ajak si kakak untuk membuat es sendiri. Sedari pagi Cia sudah tidak sabar untuk eksekusi.
Siang hari saat memulai pembuatannya Cia bersemangat sekali. Terutama saat dia yang harus menakar airnya. Saya berikan arahan cara menakar air tersebut dengan meletakkan gelas ukur dan diisi air dari gelas sampai pada garis batas yang dibutuhkan. Dari proses ini Cia mengetahui konsep volume dengan satuan mili liter. Walaupun mungkin baginya masih sangat abstrak tentang konsep ini.
Saat memasukkan mangga dan air di wadah yang lebih besar, Cia menyadari sesuatu, yaitu jumlah airnya tidak lagi 500 mili liter. Bertambah banyak katanya. Lalu saya jelaskan bahwa mangganya juga memiliki volume, maka volume air juga akan bertambah sesuai dengan volume mangga.
Saat menakar gula, Cia yang menghitung jumlah gulanya dan menuangkan ke dalam wadah untuk diblender. Setelah jadi, jus buatan kami masih terlalu kental. Maka saya meminta Cia untuk mengambil air lagi, kali ini Cia sudah langsung bisa melakukannya sendiri dengan hasil takar yang pas. Ternyata dengan empat buah mangga, 800ml air dan 15 sendok makan gula menghasilkan 1500ml jus buah mangga. Satu hal yang disadari Cia adalah jusnya bertambah banyak.
Jus yang sudah siap lalu kami tuang ke dalam plastik-plastik kecil. Cia menghitung hasilnya dan memasukkannya ke dalam freezer. Saat proses pembuatan es ini berkali-kali Cia berkata "Kaya gini senang, Bun". "Besok ini jadi kejutan buat ayah, ya". Hehehe. Melibatkan dirinya di dalam sebuah kegiatan tumah tangga sudah membuatnya bahagia.
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
Siang hari saat memulai pembuatannya Cia bersemangat sekali. Terutama saat dia yang harus menakar airnya. Saya berikan arahan cara menakar air tersebut dengan meletakkan gelas ukur dan diisi air dari gelas sampai pada garis batas yang dibutuhkan. Dari proses ini Cia mengetahui konsep volume dengan satuan mili liter. Walaupun mungkin baginya masih sangat abstrak tentang konsep ini.
Saat memasukkan mangga dan air di wadah yang lebih besar, Cia menyadari sesuatu, yaitu jumlah airnya tidak lagi 500 mili liter. Bertambah banyak katanya. Lalu saya jelaskan bahwa mangganya juga memiliki volume, maka volume air juga akan bertambah sesuai dengan volume mangga.
Saat menakar gula, Cia yang menghitung jumlah gulanya dan menuangkan ke dalam wadah untuk diblender. Setelah jadi, jus buatan kami masih terlalu kental. Maka saya meminta Cia untuk mengambil air lagi, kali ini Cia sudah langsung bisa melakukannya sendiri dengan hasil takar yang pas. Ternyata dengan empat buah mangga, 800ml air dan 15 sendok makan gula menghasilkan 1500ml jus buah mangga. Satu hal yang disadari Cia adalah jusnya bertambah banyak.
Jus yang sudah siap lalu kami tuang ke dalam plastik-plastik kecil. Cia menghitung hasilnya dan memasukkannya ke dalam freezer. Saat proses pembuatan es ini berkali-kali Cia berkata "Kaya gini senang, Bun". "Besok ini jadi kejutan buat ayah, ya". Hehehe. Melibatkan dirinya di dalam sebuah kegiatan tumah tangga sudah membuatnya bahagia.
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
Comments
Post a Comment