Skip to main content

Understanding Your Problem

Bagaimana cara menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi? Langkah pertama adalah kita harus menyelami lebih dalam masalah yang kita hadapi. Lalu cintai masalah kita. Tidak usah terburu-buru mencari solusi. 


Dalam tim ini, kami menemukan satu irisan masalah yang sedang kami hadapi, yaitu optimasi penjualan dan menambah sasaran pasar. Hasil brainstorming kami seperti ini






Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kami mengacu pada 17 tujuan perubahan menurut SDGs dan bertanya kepada salah seorang founder komunitas Bersahabat kenalan mbak Lisa. Setelah kami diskusikan lagi dengan tim, hasilnya seperti di bawah ini:


A. what/APA

1. Apa itu optimasi? (indah)

Optimasi adalah suatu proses untuk mencapai hasil yang ideal atau optimasi (nilai efektif yang dapat dicapai). Optimasi dapat diartikan sebagai suatu bentuk mengoptimalkan sesuatu hal yang sudah ada, ataupun merancang dan membuat sesusatu secara optimal.

2. Apa saja yang perlu dioptimasi?(indah,lisa)

Semua social media (Tiktok, marketplace, fb, ig, WA, YouTube ) 

Kenapa pakai medsos krn jangkauannya lebih luas menurut saya

1. Tertarget

2. Ada analitiknya

3. Jangkauan sangat luas

4. jauh lebih murah

3. Apa saja efek bila tidak dilakukan optimasi?(indah)

Tidak bisa berkembang seperti tren Bisnis yang sedang hit, Karena di dunia digital itu sangat cepet berubah. Dan jika tidak mengikutinya bisa ketinggalan dari kompetitor kita.

4. Apa saja efek bila kita melakukan optimasi?(indah)

Menguatkan branding sehingga Bisnis bisa tumbuh dengan lebih baik

5. Apa saja langkah-langkah optimasi?(Indah)

a. Mengenal plaform

b. Konsisten posting 

c. Copy writing adalah cara membujuk audience untuk membeli produk (Soft selling, hard selling, marketing)

6. Apa ada jasa profesional untuk optimasi.(indah)

Ada banyak. Seperti FB Organik Ada Optimasi Bsahabat, Pof, Wrc

7. Apa kendala yang sering terjadi saat optimasi? (rimas)

kurang konsisten melakukan optimasi, jika berbayar Ada yg mahal contoh di fb ads, ig ads, gramcaster.

Kemampuan copy writing, membuat konten

Jaringan internet.

Single men fighter

8. Apa saja solusi permasalahan optimasi? (Rimas) 

Upgrade ilmu

Menggunakan jasa optimasi bertarget

Pendelegasiaan tugas/reseller

harus menjaga konsisten dalam pelaksanaan optimasi 


B. Where/DIMANA

1. Dimana kita bisa melakukan optimasi(indah,lisa)

  Disemua social media, yang diinginkan. (Tiktok, marketplace, fb, ig, WA, YouTube )


C. When/KAPAN

1. Kapan waktu yang tepat melakukan optimasi?(indah,lisa)

Saat memulai usaha, saat penjualan mulai turun, saat sudah merasa ingin menumbuhkan bisnis lebih besar lagi.

2. Kapan diperlukan tenaga profesional untuk optimasi(indah)

Saat kita sudah tidak sanggup mengoptimasikan sendiri

saat sudah punya  dana yang cukup untuk optimasi.

Saat menjadi lebih besar dan profesional

3. Kapan waktu yang tepat untuk berhenti optimasi(indah)

Optimasi tidak boleh berhenti dan dilakukan konsisten selama bisnis masih berjalan

E. Who/SIAPA

1. Siapa saja yang dapat melakukan optimasi?(indah)

Pemilik usaha

Admin sosial media

2. Siapa target optimasi (lisa)

Tergantung produk yang dijual

3. Siapa saja yang bisa menghambat optimasi? (Rimas) 

Dirinya sendiri, karena harus melawan malas

Admin tidak profesional

Kompetitor bisnis

Giveaway hunter


F. How/BAGAIMANA

1. Bagaiamana langkah-langkah yang akan kita lakukan untuk mencapai optimasi(indah)

Memperbaiki deskripsi akun media sosial

Meninjau pertemanan di media sosial sesuai dengan target market sesuai dengan aturan media sosial.

Memilih akun personal atau akun bisnis, karena memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing

Update Postingan di media sosial minimal 3 x sehari dengan topik yang berbeda. 

Sering berinteraksi dengan akun target market(memberikan like atau komen)

Bergabung dengan group yang sesuai dengan produk kita.


2. Bagaimana cara mencari target marketing?(indah)

Bergabung dengan akun group media sosial yang sesuai dengan produk kita.

Berinteraksi dengan anggota aktif dalam group yang kita ikuti.

Menambahkan pertemanan dari akun kompetitor produk kita

Melakukan endorse produk pada publik figur

3. Bagaimana bila sudah melakukan optimasi tapi penjualan masih stag?(indah)

Perlu dievaluasi proses optimasi yang sudah dilakukan.

Perlu evaluasi produksi 

4. Bagaimana cara merekrut tenaga admin optimasi? (Rimas)

Pemiliki usaha harus menguasai ilmu optimas

Membuat SOP optimasi untuk usaha kita

Membuaka lowongan Admin sesuai dengan kebutuhan.

Menggunakan rekomendasi dari teman yang sudah menggunakan admin media sosial.


Mengapa harus optimasi? 

✅ Supaya nama dagang kita dikenal banyak orang

❓mengapa brand kita harus dikenal banyak orang? 

✅ Supaya lebih banyak kesempatan mendapatkan target pasar. 

❓mengapa butuh target pasar? 

✅Supaya lebih banyak kesempatan orang yang tertarik dg produk kita

❓Mengapa harus lebih banyak kesempatan orang yg tertarik dengan produk kita ?

✅supaya produk kita banyak terjual

❓mengapa produk kita harus banyak terjual? 

✅Supaya kita bisa menjalankan roda perekonomian pribadi dan lingkungan sekitar

❓Mengapa kita harus bs menjalankan roda perekonomian ? 

✅Agar kita menjadi wanita yang mandiri secara finansial

❓Mengapa kita harus menjadi wanita yang mandiri finasial? 

✅Supaya bisa membantu wanita lain agar mampu berdikari

❓mengapa wanita harus berdikari?

✅ Untuk menegakkan pilar ekonomi keluarga

❓mengapa harus menegakkan pilar ekonomi keluarga?

✅ untuk memberikan pekerjaan layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi

Comments

Popular posts from this blog

Menghilangkan Kerak Kloset

Moms, pernah nggak merasa jengkel karena kerak di closet tidak bisa hilang padahal kita sudah mencoba berbagai macam produk pembersih? Bahkan karbol paling kuat sekalipun? Itulah yang saya alami beberapa bulan terakhir. Karena sering pergi, tidak sempat membersihkan kamar mandi secara teratur, hanya dibersihkan sekenanya,  kerak-kerak membandel mulai mendiami closet dan lantai kamar mandi kami. Berbagai macam produk telah saya gunakan hasilnya kurang memuaskan. Dari berbagi cerita dengan ART di rumah kakak saya, Mbak Jum namanya,  saya mendapat informasi bahwa ada cairan khusus pembersih kerak yang membuat closet tampak seperti baru. Hanya dijual di toko bangunan dengan kisaran harga 100 ribu. Tapi untuk satu kloset saja. Wow, fantastis yaaa. Meski lebih murah daripada ganti kloset baru, tapi untuk emak-emak macam saya rasanya lebih puas kalau 100 ribunya dipakai beli pizza sama anak-anak. Hehehe 😁😁😁. Nah, Mbak Jum ini ternyata kreatif dan inovatif. Hihihi😬😬😬. Dari p...

Bongkar Muatan

Lelah berkelana sampai juga di sini. Saatnya membuka hasil "buruan" ilmu. Sudah dapat apa aja, Mak? Diriku dapat banyak, deh! Coba, coba tak gelar dulu, yaa! Dari peta itu, baru berhasil makan tips dan trik pekerjaan rumah tangga, membuat kandang waktu, dan skala prioritas. Bergabung dengan Keluarga Cemara ilmu yang paling berkesan adalah tips setrika karena merupakan rutinitas yang memiliki tantangan terbesar bagi saya. Ditambah beberapa potluck yang hasil "buruan" sekarang setrika menjadi aktivitas yang bisa dan suka saya kerjakan. Masya Alloh, tabarokalloh 😍. Kegiatan menyapu dan mengepel pun sekarang jauh lebih mudah dengan potluck yang saya dapatkan. Menyapu sambil mengepel merupakan temuan epic saya. Setelah dipraktikkan sangat membantu dan menghemat waktu dan tenaga. Keluarga Uluwatu menyediakan segudang ilmu baru tentang manajemen waktu bagi saya. Lalu saya masuk ke kamar kandang waktu dan prioritas. Di sini saya belajar banyak sekali bahwa ternyat...

Kardus Sepatu Buruk Rupa Menjadi Berharga

Ada beberapa tipe orang saat membeli sepatu berdasarkan penggunaan kemasannya. Hihihi ini mah perkiraan Emak aja, ya. 😁 Pertama, pembeli sepatu hanya mau sepatunya saja, kardus tidak dibawa dan sepatu langsung masuk kantong belanja atau langsung dipakai.  Kedua, pembeli tetap membawa kardus sepatunya ke rumah. Lalu, tipe ini dibagi lagi, nih. Tipe 2A kardus dibuang ke tong sampah. Tipe 2B kardus ditumpuk buat dirongsokin atau diserahkan ke sedekah rongsok. Tipe 2C kardusnya dimanfaatkan untuk sesuatu.  Nah, masuk ke tipe 2C inilah Emak ABC. Nggak mau rugi bin irit 😂. Kalau lihat kardus itu bawaannya pengen bebikinan. Kali ini Emak bagikan tips memanfaatkan kardus bekas sepatu, yang buruk rupa supaya menawan dan berguna.  Yuk, simak videonya.